A Ben Bella

A Ben Bella

Senin, 01 Oktober 2018

Hari Batik Nasional, A. Ben Bella: Momentum Untuk Sosialisasikan Batik Lampung di Kancah Nasional



Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai  Hari Batik Nasional, Hal ini dikarenakan pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan Batik sebagai Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi  (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Batik, saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia. Batik digunakan sehari-hari, dalam kegiatan bisnis hingga akademis, saat merayakan pernikahan maupun kehamilan, bisa ditemukan dalam pagelaran wayang maupun seni lainnya. Kain batik juga memainkan peran sentral dalam sejumlah ritual.

Pada Kesempatan ini, Calon Anggota DPD RI Provinsi Lampung A.Ben Bella mengatakan bahwa Hari Batik Nasional ini merupakan momentum untuk sosialisasi Batik Lampung di Kancah Nasional.

Ia pun menambahkan, Kualitas Batik Lampung tidak kalah dibandingkan dengan Batik-Batik dari Provinsi lainnya di Indonesia. Dimana Motif-motif Batik Lampung yang berkembang saat ini merupakan sebagian diambil dari motif-motif pada kain tradisional Lampung yang telah berkembang sebelumnya seperti Tapai, Palepai, dan Tatibin dan kebanyakan corak batik lampung juga mengambil motif dari kain tersebut

Saat ini, Banyak motif batik Lampung modifikasi yang bermunculan. Seperti motif gamolan, siger, kupu-kupu, dan gajah. Hal tersebut merupakan simbol perkembangan budaya yang diaplikasikan ke dalam motif batik yang diangkat dari akar budaya daerah masing-masing.

Ia pun berharap, Dukungan maksimal dari Pemprov Lampung kedepan akan membuat Batik Lampung menjadi lebih terkenal lagi, perlu ada aturan yang mewajibkan ASN dan anak-anak sekolah setiap jumat 2 minggu sekali wajib menggunakan Batik Lampung. Hal ini perlu agar keragaman budaya daerah tetap terjaga, tutup Anggota DPD RI Lampung Periode 2004-2009.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar